FORUM TANYA JAWAB RIBATH NURUL HIDAYAH
Daftarkan diri Anda terlebih dahulu

FORUM TANYA JAWAB RIBATH NURUL HIDAYAH

Silahkan kirim pertanyaan anda ke forum kami. Namun, Terlebih dahulu Mendaftarlah... www.ribathnurulhidayah.org
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 ALGOJO termasuk Membunuh atau nggak??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
khananrifaulkasbi



Jumlah posting : 38
Join date : 09.11.09
Age : 28
Lokasi : Gumayun, dukuhwaru

PostSubyek: ALGOJO termasuk Membunuh atau nggak??   Wed Nov 17, 2010 7:20 pm

Orang yang membunuh orang baik disengaja atau tidak, kalau sudah menjalani hukuman mati apakah sudah impas dosanya? Artinya, di akhirat kelak tidak akan dimintai pertanggungan jawab mengenai dosanya membunuh itu? Bagaimana hukumnya algojo yang melaksanakan tugas hukuman mati tersebut; kan itu namanya membunuh orang juga?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/khananrifaulkasbi
ribathnurulhidayah
Admin
avatar

Jumlah posting : 52
Join date : 09.11.09
Lokasi : Bedug, Pangkah, Kabupaten TEGAL

PostSubyek: Jawaban....   Thu Nov 18, 2010 4:57 am

Secara hakikat, dosa apa saja, termasuk dosa membunuh orang, adalah terserah Allah. Kalau Allah menghendaki, yang bersangkutan bisa saja diampuni, tapi bisa juga tidak. Namun secara syariat, ada dosa --termasuk dosa membunuh-- yang sudah ditentukan hukumnya di dunia. Apabila hukuman tersebut sudah dilaksanakan sesuai ketentuan, yang bersangkutan tidak akan dituntut lagi di akhirat. Rasulullah Saw. dalam suatu majelis, seperti diceritakan shahabat 'Ubadaha Ibn Shaamit, bersabda:
"Kalian berbaiatlah kepadaku untuk tidak menyekutukan Allah dengan apapun, tidak berzina, tidak mencuri, dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah. Dan barangsiapa melakukan sesuatu dari larangan-larangan tersebut kemudian sudah dihukum karenanya, maka hukuman itu merupakan tebusannya. Sedangkan barangsiapa melakukan (tidak sampai ketahuan), maka urusannya terserah Allah; jika menghendaki ia mengampuninya dan jika menghendaki ia menghendaki ia bisa menyiksannya." (HR. Muslim)
Dari hadis-hadis tersebut jelas bahwa pembunuh yang sudah menjalani hukumnnya di dunia, seperti yang Anda tanyakan, tidak akan dituntut lagi (untuk dosanya membunuh itu) di akhirat kelak. Karena hukuman di dunia itu sudah diragukan merupakan tebusannya.
Dari hadis itu pula, terjawab pertanyaan Amda kedua tentang algojo yang bertugas menghukum si pembunuh. Meskipun namanya membunuh juga, namun si algojo melakukannya semata-mata menjalankan tugas. Atau dengan kata lain, dia membunuh dengan alasan yang haq menurut agama. Demikian, wallaahu A'lam (dinukil dari kalimat KH. A. Mustofa Bisri)
Maraji’ : HR. Muslim
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ribathnurulhidayah.forummotion.com
 
ALGOJO termasuk Membunuh atau nggak??
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» SHERLOCK HOLMES itu ada kagak??????
» ER-6n ---------------- atau ----------------ER-6F ????????
» cdi atau knalpot?
» Pilih BT92 ukuran 150/70 atau 150/60
» master rem Brembo R1 atau Brembo RCS15

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM TANYA JAWAB RIBATH NURUL HIDAYAH :: Pilih Kategori Pertanyaan (Tanya Jawab/Bahtsul Masail) :: 14. PERTANYAAN LAINNYA-
Navigasi: